Cangciment.blogspot.com - Sebagai suatu cara pemasaran, iklan dari mulut kemulut memang paling efektif. Buatlah pelanggan mempromosikan bisnis Anda dengan 3 strategi sederhana. Kebanyakan orang sepakat, Tidak iklan yang lebih baik daripada iklan dari mulut kemulut. Biasanya, pelanggan yang menelpon Anda atas rekomendasi pribadi dari teman atau rekannya lebih sering positif membeli daripada tidak. Sebab itulah iklan dari mulut-ke-mulut yang positif menjadi idaman dan jurus andalan para pengusaha.
Saat ini, para pemasar telah menciptakan satu pengetahuan manjur tentang iklan dari mulut-ke-mulut (MKM). Bahkan ada Asosiasi Pemasaran MKM untuk para profesional pemasaran yang bertugas membangun iklan dari mulut-ke-mulut untuk perusahaan mereka. Tapi kenyataannya, percakapan yang tepat tidaklah selalu murah, dan Anda harus secara aktif mengoptimalkan iklan MKM. Untuk hasil yang maksimal, buatlah satu program iklan MKM dengan menggunakan paling tidak salah satu dari 3 Siasat Pemasaran Dari Mulut ke Mulut berikut ini:
1. Pemasaran ke orang-orang berpengaruh (influencers).
Tiap komunitas punya influencers. Melalui media elektronik ataupun media pertunjukan, mereka biasanya menjadi pemimpin dalam setiap trend. Mereka tidak hanya tahu restoran mana yang punya masakan enak, atau toko mana yang menjual sepatu olahraga terbaik, mereka juga senang banget mengabari semua rekan dan kenalan mereka tentang apa-apa yang mereka ketahui tersebut.
Bagaimana sih menemukan influencers dan membuat mereka membicarakan Anda? Bukalah percakapan melalui situs web Anda dengan menampung komentar para pelanggan, positif maupun negatif. Kemudian identifikasi para peserta yang paling aktif dan undang mereka untuk menjadi bagian grup dengan hak istimewa untuk memperoleh info atau akses pertama terhadap berbagai produk dan jasa baru Anda.
Pilihan lain adalah dengan memilih dan memilah organisasi atau grup yang anggotanya akan mau menerima pesan Anda, dan carilah influencers di antara mereka. Sebagai contoh, pabrikan dari satu produk sirup memfokuskan pesannya tentang bagaimana produk ini menolong orang meminum air yang direkomendasikan bagus untuk kesehatan tanpa pemanis buatan atau ramuan kimia, dan pabrikan ini mengirimkan sampel ke para ahli diet dan ahli gizi di seluruh negeri untuk membagikannya ke para pasien mereka.
2. Usahakan mendapat liputan humas.
Informasi di liputan editorial umumnya dianggap lebih terpercaya daripada pesan yang diterima konsumen di dalam iklan. Penempatan humas memainkan peran yang sangat penting dalam suatu kampanye MKM. Ada berbagai publikasi dan ribuan situs blog, web amatir yang khusus melaporkan subjek apapun, jadi Anda tinggal mengidentifikasi editor atau jurnalis terbaik yang menulis tentang apa yang Anda pasarkan. Sesuaikan pesan atau kisah Anda untuk mereka, kemudian kirimkan surat atau press release Anda. Tindak lanjuti melalui telpon atau e-mail bilamana perlu, atur jadwal pertemuan untuk membicarakan lebih lanjut.
Ulasan editorial adalah penting, khususnya bagi pemasaran produk baru. Tapi hanya produk atau jasa yang bagus yang diberitakan di media yang tepat-lah yang dapat membuat orang-orang membicarakannya, terutama influencers yang dengan semangatnya akan membaca apapun, mulai dari blogs sampai majalah-majalah, demi mencari kabar terbaru untuk mereka sebarluaskan. Yang terbaik, liputan media seringkali menyebar dengan sendirinya. Satu hal menarik yang diliput dalam sebuah blog populer, sebagai contoh, bisa jadi akan dibaca oleh banyak orang.
3. Buatlah pemasaran menular (viral marketing).
Sudahkah Anda mengidentifikasi satu gagasan jelas yang Anda ingin komunikasikan melalui iklan MKM? Viral marketing berhasil jika Anda punya satu topik yang memotivasi pelanggan untuk memperbincangkannya dan Anda memberikan mereka sarana untuk berbagi percakapan. Sediakanlah satu infrastruktur, misalnya sebuah situs web interaktif yang khusus untuk menciptakan satu komunitas online yang erat, dan fasilitasi koneksinya dengan mempergunakan blog atau web perusahaan, message board ataupun forum diskusi. Atau berikanlah pelanggan Anda sesuatu yang menarik yang bisa mereka teruskan (forward). Sebagai contoh, bila Anda memberikan satu penawaran khusus dalam sebuah e-mail, ini bisa menjadi satu sarana yang mudah di-forward untuk membangun iklan MKM.
Sebagai tambahan terhadap e-mail, blogs dan message board, beberapa perusahaan sedang menciptakan situs web khusus berisi bermacam-macam hal, mulai dari film online sampai dengan permainan siap-unduh (downloadable games) yang bisa menarik pelanggan sampai ribuan. Cobalah menambahkan satu elemen gembira, misteri ataupun umpan dengan pesan merek atau produk pabrikan, maka iklan MKM pun otomatis mengikutinya.
Source : Kim T. Gordon di terjemahkan oleh Fahrurazi Yoesoef